Apa itu istiqomah? apa arti sebenarnya dari istiqomah? dan seperti apa pandangan para ahli tafsir tentang istiqomah?

Istiqomah adalah salah satu akhlak yang mulia dalam islam. Banyak orang mengaitkan kata istiqomah dengan kata konsisten saja. Namun sebenarnya pengertian ini sungguhlah kurang lengkap. Karena setiap kata yang muncul dalam alquran pasti mempunyai arti dan makna yang tidak bisa digantikan dengan kata buatan manusia.

Allah SWT lah yang menyisipkan kata istiqomah didalam alquran karena Allah mempunyai sifat maha mengetahui, setiap kata dalam alquran hanya mampu di interpertasikan oleh manusia menurut kadar keilmuannya masing masing. Kecuali ilmu yang dianugerahkan pada hamba yang terpilih tidak lain adalah suri teladan kita yaitu rasulallah SAW. Disebutkan dalam suatu hadits berikut

Dari ‘amr, ada yang mengatakan Abu ‘Amrah Sufyan bin ‘Abdillah Ats Tsaqafi ra, ia berkata, “aku berkata, Ya Rasulallah! Katakanlah kepadaku dalam islam sebuah perkataan yang tidak aku tanyakan kepada orang lain selain engkau. Beliau menjawab, ‘katakanlah, Aku beriman kepada Allah,’ Kemudian Istiqomahlah.’” (HR Muslim No 38)

Seberapa agungkah kata istiqomah sehingga beliau mencukupkan kata tersebut mampu mewakili keseluruhan syariat islam dan disandingkan dengan kata iman. Berikut penjelasannya.

apa itu istiqomah dalam islam
apa itu istiqomah?

Pengertian Istiqomah

Pengertian istiqomah menurut bahasa

Secara bahasa istiqomah berasal dari kata  قام  yang berarti tegak lurus dan sempurna.
Adapun pada turunannya, kata istiqomah diambil dari kata استقاميستقيماستقامة   yang artinya adalah  الاعتدال  (lurus/tegak) sesuai ketika kondisi sedang shalat dimana  الاعتدال  adalah ketika lurus / tegaknya anggota badan.

Dalam islam, setiap huruf dan harakat yang disematkan dalam suatu kalimat asal akan membuat arti dan makna yang berbeda. Maka kata  استقامة  berasal dari kata  قام  ditambah awalan است
Awalan است   mempunyai makna permintaan atau berusaha untuk mewujudkan sesuatu.

Sebagai contoh dalam kata istighfar yang artinya permintaan ampunan dan istitoah artinya usaha untuk mewujudkan ketaatan

Maka dalam kata istiqomah secara bahasa mempunyai arti yang lebih tepat adalah usaha untuk menegakkan / meluruskan sesuatu.

Karena itu, kata istiqomah ketika disandingkan dengan kata lain seperti istiqomah hati, istiqomah lisan, istiqomah jiwa akan memberikan arti yang lebih spesifik.

Pengertian istiqomah menurut istilah

Salah satu arti dari istiqomah secara istilah adalah sebagai berikut :
Istiqomah artinya tegak meniti jalan yang lurus, yang tidak lain adalah agama islam, tidak menyimpang darinya ke kiri dan ke kanan. Istiqomah mencakup melakukan seluruh ketaatan dan meninggalkan seluruh yang dilarang (meliputi yang terlihat dan tersembunyi) jami'ul 'Ulium wal hikam (I/510)
Namun alangkah baiknya apabila kita menilik apa disebutkan dalam alquran dan menilik perkataan para ahli tafsir agar mengetahui maksud dan makna yang terkandung dari kata yang mulia ini.


Pengertian istiqomah menurut para ahli tafsir


Salah satu ayat alquran yang disebutkan didalamnya kata istiqomah adalah
إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu".
Imam para ahli tafsir, Ibnu jarir ath thabari’ mengemukakan 2 pendapat mengenai penafsiran kata istiqomah dalam ayat ini yaitu

1. Sebagian ulama mengatakan makna istiqomah adalah sempurna diatas tauhid dan tidak mempersekutukan sesuatu dengan apapun denganNya.
Yang berpendapat demikian diantaranya :
Dari Abu bakar ash-shidiq, dia berkata, “mereka adalah orang orang yang tidak mempersekutukan sesuatu apapun dengan Allah.”
Dari Mujahid, dia berkata “mereka memeluk islam, kemudian tidak mempersekutukanNya hingga mereka berjumpa denganNya.”
Dari As-Suddi, dia berkata, “Mereka sempurna diatas itu”
Dari Ikrimah, dia berkata,”Mereka konsisten diatas pernyataan bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah.

2. Adapun sebagian ulama yang lain mengatakan makna istiqomah adalah konsisten dan konsekuen dalam menaatiNya
Yang berpendapat demikian diantaranya:
Dari Qatadah, dia berkata, “Mereka konsisten dalam menaati Allah.”
Dari ibnu Abbas dia berkata, “Mereka konsisten dalam menunaikan kewajiban kewajiban kepadaNya.”
Dari Ibnu Zaid, dia berkata, “Mereka konsisten dalam beribadah kepada Allah dan dalam menaatiNya.
Imam nawawi (wafat 676H) para ulama menafsirkan “istiqomah artinya tetap konsekuen dan konsisten dalam ketaatan kepada allah SWT” bahjatun naazhiriin syarh riyaadhis shaalihiin (I/165)
ibnul qayim (wafat th 751) mengatakan, “istiqomah yaitu lurus dan benar dalam niat, perkataan dan perbuatan.”

adapun dari kedua pendapat yang disampaikan mengenai makna istiqomah ini dapat dipadukan karena mentauhidkan Allah dan berlepas diri dari kesyirikan adalah dalam rangka melakukan ketaatan dan menjauhi kemaksiatan terhadapNya sehingga tidak bertentangan satu sama lain.

Maka, sebagian ulama lain mencakup kesimpulan dari 2 pendapat ini diantaranya:

Al-Qadhi ‘Iyadh (wafat th 544 H) berkata, Maksudnya, mereka mentauhidkan Allah dan beriman kepadaNya kemudian mereka berlaku lurus, tidak menyimpang dari tauhid, dan selalu iltizam (konsekuen dan konsisten) dalam melakukan ketaatan kepadaNya hingga mereka meninggal di atas yang demikian itu.
Ibnu rajab berkata, “Kemudian mereka istiqomah mentauhidkan Allah dan tidak mencampuradukan tauhid dengan kesyirikan dan mereka menaatiNya secara total dalam hal yang diperintahkan dan dilarangNya
Sekarang anda pasti sudah mengerti apa itu istiqomah dan seperti apa maknanya semoga sedikit ilmu pada artikel ini dapat mengokohkan kita untuk dapat istiqomah dijalanNya
Amiin



Post a Comment